Setting IP Address Static di ubuntu ( Console )

Ini saya posting gara-gara ubuntu 8.10 yang saya install di lobby untuk PC Public kantor saya IP Address nya selalu berubah ( bukan saya setting dynamic ) network manager bawaan Ibex kalo sudah restart konfigurasi nya hilang ( entah knp ) akhirnya cari solusi cepet nya saya setting IP Address nya melalui console dan di buat static,langsung ke TKP

Buka Terminal / Console lalu buka dengan editor favorit kebetulan saya pake vim :p

vim /etc/network/interfaces

auto eth0
iface eth0 inet static
address 192.168.1.3
netmask 255.255.255.0
network 192.168.1.0
broadcast 192.168.1.255
gateway 192.168.1.128

Simpan dengan cara !wq lalu masukan IP DNS ISP kita

vim /etc/resolv.conf

nameserver 202.158.3.7

Save juga dengan perintah wq terus restart network ubuntu dengan perintah

#/etc/init.d/network/interfaces restart

Kalo hasil nya OK artinya sukses *_*’

Leave a Reply

