Perintah Dasar Di Linux yang sering saya pakai

Banyak temen-temen saya tanya emang lu hafal perintah ketik-ketik gitu di linux? yang pasti saya ga maksain untuk hafalin perintah dasar linux tapi lihat contekan di meja kerja tapi alhamduillah lama-lama jadi hafal sendiri walaupun masih belum banyak yang hapal😀 sebelum saya ulas yang biasa saya pake ini ada daftar perintah-perintah menurut alfabet

& adduser alias bg cat cd chgrp chmod chown cp fg find grep gzip halt hostname kill less login logout ls man mesg mkdir more mount mv passwd pwd rm rmdir shutdown su tail talk tar umount unalias unzip wall who xhost + xset zip

Perintah dasar yang sering saya pakai ( random ) :

$ man ls

man artinya manual jadi kita bisa lihat manual cara penggunaan perintah ls,begitu jg kalau kita mau liat penggunaan yang lain bisa gunakan man rm.mv dll

  • ls artinya untuk menampilkan isi dari folder yang kita mau lihat

contoh penggunaan ls dan atribut nya

sabila@mail:~/Documents>ls -a

  • menampilkan isi file termasuk file hiden di suatu folder tetapi tanpa atribut hak akses

sabila@mail:~/Documents>ls -al

  • menampilkan isi file termasuk file hiden dan menampilkan hak akses dalm folder tersebut

sabila@mail:~/Documents>mkidr databaru

  • Membuat direktori baru di folder Docments

To Be Continue

2 thoughts on “Perintah Dasar Di Linux yang sering saya pakai

Leave a Reply

